Monday, January 11, 2016

Senjata terbaru korea utara


            Korea utara adalah sebuah negara di asia timur , yang meliputi sebagian utara semenanjung korea . ibu kota dan kota terbesarnya adalah pyongyang . zona demiliterisasi korea menjadi batas antara korea utara dan korea selatan . sungai amnok dan sungai tumen membentuk perbatasan antra korea utara dan republik rakyat tiongkok . sebagian dari sungai tumen di timur laut merupakan perbatasan dengan ruusia  penduduk setempat menyebut negara ini pukchoson . semenanjung korea diperintah oleh kekaisaran korea sehingga dianeksasi oleh jepang setelah perang dunia II , korea dibagi menjadi wilayah pendudukan soviet dan amerika serikat. Korea utara menolak ikut serta dalam pemilihan umum yang diawasi PBB yang diselenggarakan di selatan pada 1948, yang mengarah kepada pembentukan dua pemerintahan korea yang terpisah oleh zona demiliterisasi . baik korea utara maupun korea selatan kedua duanya mengklaim kedaulatan diatas seluruh semenanjung , yang berujung kepada perang korea tahun 1950 . sebuah genjatan senjatapada 1953 . mengakhiri pertempuran ; namun kedua negara secara resmi masih berada dalam status perang , karena perjanjian perdamaian tidak pernah ditandatangani . kedua negara diterima menjadi anggota perserikatan bangsa bangsa pada 1991. Pada 26 mei 2009 , korea utara secara sepihak diri dari genjatan senjata .
            Kora utara berhasil mengembangkan pertahanan dan kekuatan mereka lewat uji coba barunya dengan membuat bom hidrogen yang mana ratusan kali lebih kuat dari pada boom yang nuklir yang pernah dijatuhkan oleh amerika di hiroshima dan nagashaki di jepang . ini merupakan sebuah langkah maju yang menakjubkan dalam pengembangan senjata nuklir negara itu . data yang dikeluarkan US geological survey (USGS) menyebutkan bahwa sebuah gempa bumi berkekuatan 5,1 skala richteer terdeteksi di lokasi sekitar 19 kilometer dari sungjibeagam , tempat uji cobba nuklir korea utara , di kedalaman 10 kilometer . penyebab dari gempa itu belum diketahui namun hal itu diduga dari aktivitas uji coba nuklir . uji coba boom nuklir itu lansung perintah dari tur instruksi , kim jong un , dan terjadi hanya du hari sebelum ulang tahunya . pengumuman tersebut berebut untuk memverivikasi keakuratan klaim korut tersebut .  korea menjadi semakiin optimis menjadi negara yang ditakuti .
            Korea utara mendapat gertaakan dari amerika serikat yang mengirimkan B-52 ,  pesawat B-52 stratifortress adalah sebuah pesawat pengebom jarak jauh yang mampu mebawa senjata nuklir . kehadiran pesawat tersebut tentu tidak dimaksutkan untuk mengebom korea utara . kehadiranya hanya untuk sekedar memamerkan kekuatanya . Amerika serikat ingin menunjukkan bahwa merea mendukung penuh korsel dari ancaman korea utara . itu bukan kali pertama B-52 nongol di semenanjung korea .

            Indonesia menyatakan keprihatinanya terhadap uji coba peledakan bom hidrogen yang dilakikan korea utara tersebut . pengamat internasional LIPI mengatakan indonesia memang perlu memberikan pernyataan mengenai uji coba nuklir oleh korea utara , atau soal pelanggaran HAM di negara itu . pemerintah meminta semua pihak untuk menghormati dan mematuhi semua resolisi DK PBB , menahan diri dan lebih memprioritaskan diplomasi dan dialog . korea utara berbeda dengan negara lain didunia , tertutup dengan politik yang pasif dan otoriter . dia mengatakan uji coba senjata nuklir itu menunjukkan bahwa korea utara menunjukkan diri sebagai negara besar dan kuat , serta tidak bisa disepelekan . kekhawatiran pun melada jepang terkait potensi radiasi bisa menyebar lewat laut dari korea utara setiap kali negara itu melakukan uji coba bom nuklir bawah tanah . namun , selama ini belum pernah ada raduasu yang terlacak mencapai negara itu setelah tiga kali uji coba nuklir korea utara sebelumnya . jepang sangat sensitiv terhadap dampak yang akan terjadi setelah uji coba nuklir tersebut . jepang khawatir akan terjadinya angin yang bertiup dari semenanjung korean menuju jepang dengan roket balistik pyongyang sydah pernah terbang di atas jepang sebelum jatuh di samudra pasifik .  

No comments:

Post a Comment