Sunday, November 22, 2015

Masyarakat Ekonomi Asean

MEA atau masyarakat economic asean adalah sebuah organisasi yang terdiri dari 10 negara yang mempunyai tujuan untuk pemerataan ekonomi . tujuan adanya diadakannya MEA adalah untuk meningkatkan stabilitas perekonomian dikawasan ASEAN , serta bisa mengatasi masalah masalah yang ada di ASEAN . dampak terciptanya MEA adalah pasar bebas dibidang permodalan , barang dan jasa , serta tenaga kerja . Awal pembentukan Masyarakat Ekonomi Asean berawal dari kesepakatan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada tahun 1997 di kuala lumpur , Malaysia . kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing ASEAN serta bisa menyaingi tiongkok dan india untuk menarik investor asing . modal asing sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesejah teraan masyarakat ASEAN . pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 2003 di bali , Indonesia . para petinggi ASEAN mendeklarasikan bahwa pembentukan MEA akan dimulai pada tahun 2015 .
            Banyak dampak yang akan terjadi jika MEA benar –benar akan terlaksana tahun ini . semisal nyatanya pada tahun 2014 masyarakat   Indonesia masih banyak yang mempunyai latar belakang berpendidikan dibawah SMP atau di bawahnya tercatat 76,4 juta orang atau sekitar 64% dari total 118 juta pekerja di Indonesia , hal ini bisa membuat dampak tersendiri jika masyarakat yang mempunyai latar belakang kurang berpendidikan jarang mengikuti sosialisasi cara meningkatkan pola pikir terhadap MEA . Ketersediaan insfrastuktur di Indonesia masih kurang sehingga mempengaruhi kelancaran arus barang dan jasa . hal ini menyebabkan indonesia bisa jadi mempunyai batasan untuk mengekspor atau mengimpor suatu barang keluar negeri , hal ini membuat masukan terhadap kas negara menjadi meningkat kurang drastis . sector industry yang masih rapuh karena ketergantungan impor bahan baku dan setengah jadi , hal ini membuat Indonesia selalu menginginkan bahan baku yang berasal dari luar negeri , padahal Indonesia sendiri mempunya banyak sumber daya alam yang bisa diolah sendiri , ketergantungan ini akan terus terjadi jika saja Indonesia kurang bisa mengolah sumber daya manusia yang berjuta juta ini . keterbatasan pasokan energy pun menjadi salah satu masalah utama di indonesia , besarnya wilayah Indonesia tapi kurang memiliki pasokan energy yang cukup , itu cukup menjadi hambatan tersendiri karena para investor luar negeri yang akan membangun banyak pabrik atau bahan produksi menghadapi kekurangan energy . lemahnya Indonesia menghadapi serbuan impor dan sekarang produk impor tiongkok sudah membanjiri pasar Indonesia . hal ini membuat Indonesia semakin membanggakan barang impor dari luar ASEAN dan bisa jadi malah akan menurunkan pasar ASEAN . kurangnya rasa cinta masyarakat Indonesia terhadap produk sendiri mengakibatkan , menurunya pasar produk Indonesia terhadap Indonesia tersendiri
            Dari berbagai dampak tersebut , ada beberapa cara jitu agar bisa mengatasi dampak negative tersebut yaitu dengan cara
-          Progam aku cinta indonesi
hal ini menurut saya sangat lah bagus karena salah satu gerakan Nation branding  bagian dari pengembangan ekonomi kreatif  , gerakan ini tersendiri masih berjalan sampao selarang dalam bentuk kampanye nasional yang terus berjalan dalam berbagai produk dlam negero seperti busana aksesori , rokok , entertainment , pariwisata dan lain sebagainya . progam aku cinta Indonesia ini sebenarnya lebih bagus lagi jika saja pemerintah Indonesia tidak hanya menghimbau tetapi dengan mempertegas dalam hal pemasokan import , pemerintah Indonesia kalau saja mempertegas pengurangan import barang seperti busana , akan menjadi pandangan tersendiri  karena sebenarnya barang di Indonesia lebih bagus dan lebih murah , jika saja pemerintah Indonesia membuka banyak pabrik transportasi seperti mobil esemka dan mengurangi mobil yang lain , bisa jadi masyarakat Indonesia akan mulai melirik produk Indonesia . pengembangan produksi mobil esemka wajar saja jika pertama pasti masih banyak kekurangan tapi lama kelamaan akan banyak orang yang mulai berinovasi dan mulai memperbaiki kesalahan produk Indonesia itu . kreatifitas kaum intelektual Indonesia jarang ada yang dihargai .
-          Perbaikan infrastuktur
Dalam beberapa tahun ini Indonesia sudah mulai membangun banyak sekali infrastuktur – infrastuktur untuk menghadapi MEA , pesatnya perkembangan insfrastuktur Indonesia ini sudah sangat dipandang menjadi lebih bagus , tetapi yang dekat dengan api saja yang masih terasa hangat . kalau saja Indonesia memukul rata pembangunan infrastuktur di semua daerah mungkin bisa jadi Indonesia menjadi Negara yang lebih maju .

-          Peningkatan sumber daya manusia
salah satu cara pemerintah meningkatkan sumber daya manusia dengan cara pendidikan . banyak sekali progam pemerintah yang kerasa dampaknya , seperti buku gratis , perbaikan ruang kelas , sekolah gratis . membuat UKM UKM yang dapat meningkatkan produktifitas dalam negeri . UKM berperan meningkatkan produktifitas dalam negeri , mengurangi pengangguran .
semua pencegahan ini sebenarnya sangat berkaitan antara satu dengan yang lainnya

No comments:

Post a Comment