Sunday, November 22, 2015

hubungan indonesia dengan Tiongkok


 Hubungan Indonesia dengan Tiongkok
Saat ini Tiongkok menjadi Negara dengan perkembangan ekonomi yang sangat pesat , karena tiongkok menjadi negara produktif yang  maju , tiongkok bisa memproduksi suatu barang yang kualitas tidak bisa diragukan tapi dengan harga yang sangat miring . hal ini membuat negara lain lebih ingin menjalin hubungan dengan negara tiongkok seperti halnya Indonesia , Indonesia akhir - akhir ini sudah mulai berhubungan erat dengan Negara tiongkok . Indonesia mulai melakukan pendekatan kepada tiongkok dikarenakan dalam hal jual beli barang tiongkok mulai tidak menggunakan dolar atau mulai mengurangi konsumsi dolar , hal ini bisa membuat menguatnya ekonomi di Indonesia karena mulai tidak menggunakan dollar dalam hal penggunaan uang dollar untuk jual beli . kerjasama republic indonesia dengan tiongkok membuat rupiah semakin membaik bank indonesia akan memfasilitasi transaksi keuangan antara indonesia dengan tiongkok . secara umum kerjasama kedua negara ini dapat mendorong sector perdagangan dengan transaksi rupiah dengan renminbi.
Pemerintah republic Indonesia dengan republic rakyat tiongkok  menyepakati kerjasama dalam delapan bidang . Dalam hal ini Indonesia mulai membuat proyek pertama dengan tiongkok dengan kereta cepat Jakarta – bandung , hal ini bisa mempererat hubungan antara tiongkok dengan Indonesia . awalnya Indonesia melirik kereta cepat asal jepang shinkansen . hal ini membuat Negara jepang merasa kecewa dengan hasil Indonesia yang lebih memilih tiongkok menjadi Negara yang mengelola proyek kereta cepat , karena jika Negara indonesia memilih kereta cepat asal jepang tersebut dapat membebani anggaran Negara . walaupun kualitas kereta cepat asal jepang lebih nyaman . para DPR pernah membandingkan antara kereta cepat shinkasen dengan kereta cepat tiongkok . Para DPR berpendapat bahwa kereta cepat shinkansen lebih nyaman  dan tidak gampang goyah ketimbang kereta cepat asal tiongkok tetapi harga kereta api shinkansen lebih mahal ketimbang kereta api asal china , hal itu membuat para dewan lebih memilih proyek china tersebut .
Tetapi dalam ini saya berpendapat kenapa Indonesia tidak memperkerjakan orang dalam negeri saja . karena banyak sarjana sarjana dalam negeri yang menjadi pengangguran . Indonesia terlalu menggantungkan sesuatu dari luar negeri . ini menyebabkan terbatasnya keinginan para remaja untuk membuat sesuatu hal yang baru karena mereka beranggapan bahwa kalau mereka membuat sesuatu pasti jarang di hargai . sebenarnya baik menjalin hubungan dengan Negara luar tetapi itu membuat batasan bagi kaum intelektual untuk membuat sesuatu hal yang baru . kaum intelektual Indonesia sebenarnya mempunyai pemikiran untuk memjukan negerinya tapi mereka mendapatkan batasan karena terlalu Negara Indonesia masih menggantungkan sesuatu dari luar negeri . pada era Suharto dulu , Indonesia sudah  bisa membuat pesawat terbang sediri , bangganya menjadi rakyat Indonesia jaman dahulu hanya sementara dimana orang yang mempunyai intelektual tinggi tidak di hargai di negaranya . tidak hanya dalam bidang teknologi , dalam bidang olah ragapun kebijakan Indonesia kurang memuaskan , bahkan dalam pendapat saya itu sangat mengecewakan . karena para atlit yang sudah menjadi sejarah di indonesia hanya bisa berkilau pada saat mudanya , pada hari tuanya Indonesia sudah melepaskanya , membiarkanya tanpa menggosok lagi . kebanggaannya terhadap Negara lain membuat Indonesia semakin menggantungkan sesuatu dari luar negeri . dalam perdagangan bus trans Jakarta saja Indonesia bisa bisanya membeli bus yang bekas di Negara lain . hal itu membuat gampang rusaknya bus trans Jakarta
Padahal indonesia mempunyai banyak para ahli dalam segi manapun . dalam hal itu Indonesia seharusnya menerjunkan para ahli dibidangnya untuk berperan mengembangkan Indonesia . banyak sarjanawan yang sudah ahl dalam bidang membuat mobil , motor dengan tangan mereka sendiri . bahkan mantan presiden B.J. habibie sudah bisa membuat kereta sendiri . Indonesia bisa bisanya meminta tolong kepada Negara lain untuk membuat kereta cepat . kenapa Indonesia tidak memanggi bapak habibie untuk berperan membuat kereta tersebut . itu dapat mengurangi anggaran Negara yang menghabis – habiskan uang . kebanggaan tersendiri Indonesia bisa membuat kereta dengan karya anak bangsa . seharusnya Indonesia membuat suatu kebijakan yang memancing rakyatnya untuk terus berinovasi , berkarya dan menggapai sesuatu yang disenangi . Indonesia adalah Negara dengan berates juta masyarakat yang mana masih menggantungkan karya Negara lain . dengan hal ini kapan Indonesia bisa maju ? apakah hanya dengan di belakang negara lainkah indonesia menjadi Negara maju . banyak warga Indonesia yang siap menjunjung negeri ini .
ayoo Indonesia jangan menggantungkan dari Negara lain kita memiliki banyak masyarakat yang bisa berkarya untuk negeri ini .

  

No comments:

Post a Comment